(Arsitektur Modern) Habitat 67, Montreal - Kanada

Lagi pengen posting yang berhubungan dengan Arsitektur nih..., soalnya bentar lagi dah masuk studio *nggak nanya*. Sebenarnya ヰレダ termasuk mahasiswi yang telat masuk studionya haha….,  chingu-chingu yang kebetulan ngambil jurusan Arstitektur dan juga kebetulan dapat tugas untuk membuat design perumahan atau pengen judul TA nya yang berhubungan dengan hunian, kayaknya postingan ini bisa jadi salah satu referensi kamu semoga bermanfaat ^^.

Habitat 67, Montreal-Kanada
Habitat 67 (Image by Paul Lowry)

Habitat 67 adalah sebuah kompleks perumahan terkenal di Montreal, Kanada. Dirancang oleh arsitek Moshe Safdie dan dibangun pada tahun 1967 sebagai bagian dari Universal Expo.

Architecture concept
Cube atau kubus adalah dasar atau arti dan finalitas dari Habitat 67 ini. Dalam arti materialnya, kubus merupakan simbol dari stabilitas, adapun makna mistiknya adalah berupa kebijaksanaan, kebenaran dan kesempurnaan moral dari peradaban asli kita.

354 kubus yang megah berwarna abu-abu dan krem terbangun satu dengan yang lainnya untuk membentuk 146 tempat tinggal yang terletak antara langit dan bumi, antara kota dan sungai, dan antara hijau dan cahaya. 

Seluruh unit bersatu dalam sebuah sculpture interior futuristik, pedestrian, teras, sirkulasi udara, skylight dari sudut yang berbeda, plaza yang besar dan pilar lift dengan skala monumental tanpa melupakan bukaan-bukaan di sana sini yang berguna untuk melihat lingkungan sekitar sebagai pengalaman hidup. 

(Image by Joel Mann)

(Image by Harry Palmer)

(Image by Brian Pirie)

(Image by Dave MacFarlane)

Habitat 67 ini terletak di 2600 Sungai Saint Lawrence, Avenue Dupuy PierreMontreal, Quebec, Kanada. Bangunan ini dibuat untuk menciptakan perumahan dengan biaya yang terjangkau, masing-masing unit dilengkapi dengan taman. Bangunan ini juga diyakini menggambarkan gaya hidup baru di kota-kota besar yang semakin padat penduduknya.

Source : yeinjee, en.wikipedia.org
Indo Trans : Wirda_Utsukushi

Comments (0)

Posting Komentar